Kamis, 01 November 2012

tips monitor yang tidak mau menyala

hai sobat-sobat cempakur yang berbahagia (: apa kabar nih cempakur mau menyapa lagi sobat -sobat semua dengan salah satu posting cempakur.  maaf nih sebelumnya jika kata-katanya agak berantakan, maklum masih belajar berkata-kata.hehe 
pada saat proses booting komputer, tombol power yang terdapat pada monitor sudah di tekan tetapi monitor tidak mau menyala.
jika masalahnya adalah monitor tidak menyala, maka ada beberapa komponen pada motherboard yang bermasalah maka ada beberapa kemungkinan yang bisa terjadi. langkah pertama pastikan anda telah memposisikan tombol power monitor dalam keadaan on.
jika lampu indikator pada monitor tidak menyala lihat colokan power baik dari monitor maupun yang kerah outlete listrik. pastikan bahwa anda telah memasang dengan benar. apabila tetep tidak menyla gantilah dengan colokan yang lain. beberapa pc memiliki jenis colokan capturedcord atau captipecord, yang artinya terpasang secara permanen pada bagian dalam monitor. kalau jenis yang ini anda tidak memeriksa bagian cord power di monitor.
jika lampu indikator pada monitor hidup dan berwarna oranya atau berkedip-kedip, cek kabel vidio yang menghubungkan moditor pada cpu apakah sudah terpasang dengan baik dan benar. kalau belum, kecangkan lah satu ujung pada pord vga dengan baud, dan perikaslah ujung lain dari colokan monitor. cek juga colokan kabel vga dari monitor kalau ada pin yang bengkok sebaikanya anda luruskan dengan menggunakan penjepit atau tang, pastikan semua pin yang ada msuk ke lubang atau port vga. apabila dengan pengecekan di atas msalah ini tetap tidak di atas berarti ada problem pada sinyal vidio board, vidio adapter crt. coba ganti vga card dengan vga yang lain yang masih aktiv, untuk memastikan vga card anda perlu di ganti.

0 comments:

Posting Komentar